PERPANJANG USIAMU DENGAN MENULIS

PERPANJANG USIAMU DENGAN MENULIS

Tuesday, August 14, 2012

Azzahrah in Memoriam


            Dulu, waktu aku masih tahun satu, Azzahra itu terlihat sangat menarik. Melihat akhwat yang tinggal disana terasa sangat menyenangkan. Kebersamaannya, ukhuwahnya perhatian kepada sesama personilnya jujur membuat aku yang tinggal in the kost ini merasa iri. Ketika sesekali main ataupun menginap di wisma, disambut dengan senyum ramah dan hangat dari kakak2 n teman2 disana, kadang heran juga melihat akhwat makan betalam bersama (yang tentunya tidak pernah ku temukan di kost), melihat akhwat selalu sholat berjama’ah dengan hapalannya yg panjang2, melihat akhwat yang mengisi waktu ruangnya dengan mengaji, terfikir kapan ya bisa juga seperti itu dan bisa berada di lingkungan itu?
            Keindahan itu tidak hanya terlihat di wisma saja di kampus juga begitu. Ketika di Al-Qalam maupun di kegiatan kampus lainnya, Kakak2 di sana sepertinya memang berusaha untuk mengenal adik-adiknya (Klw ini bukan kakak yg tinggal d wisma sja), berusaha untuk sering menyapa maba. Di awal kuliah aku cukup banyak kenal dengan kakak akhwat dan sering disapanya walaupun mereka sering salah ataupun lupa dengan namaku (maklumlah mungkin karena memang namanya yg agak aneh atau sulit dihapal). Akhwat juga mempunyai peran di bidang ilmy, asistenku juga tutor yang sering mengajar maba juga akhwat. Sehingga menimbulkan kesan wisma itu memang kumpulan org2 yg shalihah + berprestasi. Semakin menambah kerinduan untuk bisa menjadi bagiannya,
walaupun aku tahu apa konsekuensinya, walaupun tahu bagaimana banyaknya kegiatan yang harus di ikuti anak wisma itu. Oh iya satu lagi alasanku masuk wisma, klw d luar wisma aku sering ketinggalan informasi keADKan jadi jarang sekali muncul di acara2 kmpus baik tasqif, Biru maupun Kemah.
Demi menambah pengetahuan, demi menjadi lebih baik, demi berkumpul dengan orang2 yang insyaALLah Sholeh. Walaupun dengan seabrek peraturannya dengan sekian banyak larangan2ny, Kubulatkan tekad di tahun kedua untuk pindah ke Azzahra. Bertekat meninggalkan kebiasaanku yang SO banget dan sering lari dari acara2 yg seharusnya diikuti AMF. Setelah menjadi bagian dari wisma, banyak pelajaran yng bisa kudapatkan, banyak teladan yang bisa ku tiru dan banyak “tokoh2” yang menginspirasiku di sana. Wlaupun kadang apa yang didapat tak seindah yang dibyangkan. Karena memang  ini bukan jama’ah malaikat. Namun segala yang kudapat disini sunguh luar biasa. Disini kita belajar tentang kebersamaan dan saling memahami, belajar untuk taat, belajar untuk disiplin, disini kita juga belajar tentang pengorbanan dan tanggung jawab dalam menjalankan amanah.
Bila diingat masa2 itu rindu rasanya untuk kembali ke sana. Masa ketika kita dibina dengan penuh kesabaran oleh senior, masa ketika kita diayomi dan diberi perhatian. Masa ketika kita mendapatkan tauladan serta diajarkan bagaimana untuk terus bisa bertahan disini. Indahnya Azzahrah yang seindah namanya, memang banyak membuat orang tertarik sehingga mw ‘menyerahkan diri’ untuk masuk wisma, yang memutuskan untuk masuk wisma karena memang ingin menjadi bagian disana, yang memang sudah tahu bagaimana aturan dan keadaan disana, yang terpikat dengan kebaikan personil wisma, bukan karena terjebak kejalan kebenaran dan terpaksa mengikuti peraturan.
            Sekarang ketika kita yang menjadi senior disana, sudahkah kita memberikan yang terbaik? Sudahkah kita mencontohkan hal-hal yang baik? Sudahkah kita memberikan kepada adik2 kita setidaknya sama seperti yng kita dapatkan dlu? Sama seperti yang kita rasakan dulu? Sudahkan kita membuat orang2 tertarik dan meninggalkan kesan positif ketik berkunjung ke wisma?
Coba tanya pada diri masing2, sudahkah kita berusaha untuk dekat dengan yang lainnya? Sudahkah kita mengenal semua ADK di fakultas kita, mengenal dengan baik  adik2 dan akhwat yang sejurusan dengan kita. Atau mungkin masih ada diantara kita yang belum mengenal bahkan tidak hafal nama akhwat Azzahra sendiri yang tidak satu rumah dengan kita? Sudahkah kita memberikan kesan baik pada mereka yang berkunjung kerumah kita? Atau malah ketika ada tamu kita hanya cuek dan sibuk di kamar masing2. Atau ketika terdengar ketukan pintu kita tidak bersegera dan berhusnuzhon ada yang lain yang akan membukakan? Sudahkah kita berusaha untuk memperat ukhuwah atau kita hanya sibuk dengan urusan dan target akademis masing?
Wahai Saudariku, ingatlah akan peran dan kewajiban kita disini. Ingatlah apa yang kita dapatkan dan bagaimana perubahan kita selama tinggal disini. Ayo kita berikan kembali apa yang telah kita dapatkan kalau bisa yang lebih baik lagi. Ingat kita punya hutang disini. Bayar semua hutang2 kita sebelum pergi. Tinggalkan adik2 yang lebih baik atau setidaknya sama dengan kita sebelum kita meninggalkan wisma tercinta ini. 
Untuk semua akhwat Azzahrah, terimakasih semua pelajaran yang di berikan, terimakasih atas indahnya ukhuwah selama ini


No comments:

Post a Comment

KOMPETENSI INTI DAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA KURIKULUM 2013 REVISI

Tahun ajaran baru telah tiba, tiba pula saatnya bagi para guru mempersiapkan  memperbaharui kembali perangkat pembelajarannya. apa lagi ba...