Tahun ajaran baru telah tiba, tiba pula saatnya bagi para guru mempersiapkan memperbaharui kembali perangkat pembelajarannya. apa lagi bagi guru yang pertama kali mengajar di kelas yang menggunakan kurikulum 2013 harus kerja ekstra nih. karena ada beberapa bagian yang berbeda antara KTSP dan kurikulum 2016. Pada K 13 kita tak lagi menggunakan Standar Kompetensi (SK )tapi memakai KI (Kompetensi Inti) yang terdiri dari kompetensi Agama, sosial, Pengetahuan dan keterampilan (KI 1-4). Serta penomoran kompetensi Dasar nya pun berbeda Kd berawalan 3 berarti tentang pengetahuan, yang berawalan 4 tentang keterampilan. Jadi dalam satu bab di silabus ada KD pengetahuan (3.1, 3.2, 3.3....) dan KD keterampilan (4.1, 4.2, 4.3...) jadi jangan bingung karena setelah kd 3.1, dan 4.1 kok muncul 3.2 lagi. itu bukan salah ya. tapi memang penomorannya di dahului KD apa yang digunakan apakah pengetahuan (KD 3) atau keterampilan (KD). untuk KD sendiri sudah ada ketetapannya sesuai
Permen 37 Tahun 2018_61. KI-KD SD SMP SMA Lengkap
8.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA
KELAS: X
Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap
spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi
tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran
agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu, “Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),
yaitu keteladanan,
pembiasaan,
dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran,
serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses
pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai
berikut
ini.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis
pengetahuan
faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan
rasa ingintahunya
tentang
ilmu pengetahuan,
teknologi,
seni, budaya, dan
humaniora
dengan wawasan
kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan,
dan peradaban
terkait
penyebab fenomena dan
kejadian,
serta menerapkan
pengetahuan
prosedural pada
bidang
kajian yang spesifik
sesuai
dengan bakat dan
minatnya
untuk memecahkan
masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah
konkret dan ranah
abstrak
terkait dengan
pengembangan
dari yang
dipelajarinya
di sekolah secara
mandiri,
dan mampu
menggunakan
metode sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1
Menjelaskan hakikat ilmu
Fisika dan
perannya dalam
kehidupan,
metode ilmiah, dan
keselamatan
kerja di
laboratorium
4.1 Membuat
prosedur kerja ilmiah dan
keselamatan
kerja misalnya pada
pengukuran
kalor
-58-
3.2
Menerapkan prinsip-prinsip
pengukuran
besaran fisis,
ketepatan,
ketelitian dan
angka
penting, serta notasi
ilmiah
4.2
Menyajikan hasil pengukuran
besaran
fisis berikut ketelitiannya
dengan
menggunakan peralatan
dan teknik
yang tepat serta
mengikuti
kaidah angka penting
untuk suatu
penyelidikan ilmiah
3.3
Menerapkan prinsip
penjumlahan
vektor sebidang
(misalnya
perpindahan)
4.3
Merancang percobaan untuk
menentukan
resultan vektor
sebidang
(misalnya perpindahan)
beserta
presentasi hasil dan makna
fisisnya
3.4
Menganalisis besaran-besaran
fisis pada
gerak lurus dengan
kecepatan
konstan (tetap) dan
gerak lurus
dengan percepatan
konstan
(tetap) berikut
penerapannya
dalam
kehidupan
sehari-hari
misalnya
keselamatan lalu
lintas
4.4
Menyajikan data dan grafik hasil
percobaan
gerak benda untuk
menyelidiki
karakteristik gerak
lurus
dengan kecepatan konstan
(tetap) dan
gerak lurus dengan
percepatan
konstan (tetap) berikut
makna
fisisnya
3.5
Menganalisis gerak parabola
dengan
menggunakan vektor,
berikut
makna fisisnya dan
penerapannya
dalam
kehidupan
sehari-hari
4.5
Mempresentasikan data hasil
percobaan
gerak parabola dan
makna
fisisnya
3.6
Menganalisis besaran fisis
pada gerak
melingkar dengan
laju
konstan (tetap) dan
penerapannya
dalam
kehidupan
sehari-hari
4.6
Melakukan percobaan berikut
presentasi
hasilnya tentang gerak
melingkar,
makna fisis dan
pemanfaatannya
3.7
Menganalisis interaksi pada
gaya serta
hubungan antara
gaya, massa
dan gerak lurus
benda serta
penerapannya
dalam
kehidupan sehari-hari
4.7
Melakukan percobaan berikut
presentasi
hasilnya terkait gaya
serta
hubungan gaya, massa dan
percepatan
dalam gerak lurus
benda
dengan menerapkan metode
ilmiah
3.8
Menganalisis keteraturan
gerak
planet dan satelit dalam
tatasurya
berdasarkan
hukum-hukum
Newton
4.8
Menyajikan karya mengenai gerak
satelit
buatan yang mengorbit bumi,
pemanfaatan
dan dampak yang
ditimbulkannya
dari penelusuran
berbagai
sumber informasi
3.9
Menganalisis konsep energi,
usaha
(kerja), hubungan usaha
(kerja) dan
perubahan energi,
hukum
kekekalan energi, serta
penerapannya
dalam peristiwa
sehari-hari
4.9
Menerapkan metode ilmiah untuk
mengajukan
gagasan penyelesaian
masalah
gerak dalam kehidupan
sehari-hari,
yang berkaitan dengan
konsep
energi, usaha (kerja) dan
hukum
kekekalan energi
3.10
Menerapkan konsep
momentum
dan impuls, serta
hukum
kekekalan momentum
dalam
kehidupan sehari-hari
4.10
Menyajikan hasil pengujian
penerapan
hukum kekekalan
momentum,
misalnya bola jatuh
bebas ke
lantai dan roket sederhana
-59-
3.11
Menganalisis hubungan antara
gaya dan
getaran dalam
kehidupan
sehari-hari
4.11
Melakukan percobaan getaran
harmonis
pada ayunan sederhana
dan/atau
getaran pegas berikut
presentasi
hasil percobaan serta
makna fisisnya
-60-
KELAS: XI
Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap
spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi
tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran
agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu, “Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),
yaitu keteladanan,
pembiasaan,
dan budaya sekolahdengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran
serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses
pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai
berikut
ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis
pengetahuan faktual,
konseptual,
prosedural, dan
metakognitif
berdasarkan rasa ingin
tahunya
tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,
seni, budaya, dan
humaniora
dengan wawasan
kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan,
dan peradaban terkait
penyebab
fenomena dan kejadian,
serta
menerapkan pengetahuan
prosedural
pada bidang kajian yang
spesifik
sesuai dengan bakat dan
minatnya
untuk memecahkan
masalah
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji
dalam ranah konkret
dan ranah
abstrak terkait
dengan
pengembangan dari
yang
dipelajarinya di sekolah
secara
mandiri, bertindak
secara
efektif dan kreatif, serta
mampu
menggunakan metoda
sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1
Menerapkan konsep torsi, momen
inersia,
titik berat, dan momentum
sudut pada
benda tegar (statis dan
dinamis)
dalam kehidupan seharihari
misalnya
dalam olahraga
4.1 Membuat
karya yang
menerapkan
konsep titik berat
dan
kesetimbangan benda
tegar
-61-
3.2
Menganalisis sifat elastisitas bahan
dalam
kehidupan sehari hari
4.2
Melakukan percobaan tentang
sifat
elastisitas suatu bahan
berikut
presentasi hasil
percobaan
dan
pemanfaatannya
3.3
Menerapkan hukum-hukum fluida
statik
dalam kehidupan seharihari
4.3
Merancang dan melakukan
percobaan
yang memanfaatkan
sifat-sifat
fluida statik, berikut
presentasi
hasil percobaan
dan
pemanfaatannya
3.4
Menerapkan prinsip fluida dinamik
dalam
teknologi
4.4 Membuat
dan menguji proyek
sederhana
yang menerapkan
prinsip
dinamika fluida
3.5
Menganalisis pengaruh kalor dan
perpindahan
kalor yang meliputi
karakteristik
termal suatu bahan,
kapasitas,
dan konduktivitas kalor
pada
kehidupan sehari-hari
4.5
Merancang dan melakukan
percobaan
tentang
karakteristik
termal suatu
bahan,
terutama terkait
dengan
kapasitas dan
konduktivitas
kalor, beserta
presentasi
hasil percobaan
dan
pemanfatannya
3.6
Menjelaskan teori kinetik gas dan
karakteristik
gas pada ruang
tertutup
4.6
Menyajikan karya yang
berkaitan
dengan teori kinetik
gas dan
makna fisisnya
3.7
Menganalisis perubahan keadaan
gas ideal
dengan menerapkan
hukum
Termodinamika
4.7 Membuat
karya/model
penerapan
hukum I dan II
Termodinamika
berikut
presentasi
makna fisisnya
3.8
Menganalisis karakterisitik
gelombang
mekanik
4.8
Melakukan percobaan tentang
salah satu
karakteristik
gelombang
mekanik berikut
presentasi
hasilnya
3.9
Menganalisis besaran-besaran fisis
gelombang
berjalan dan gelombang
stasioner
pada berbagai kasus
nyata
4.9
Melakukan percobaan
gelombang
berjalan dan
gelombang
stasioner, beserta
presentasi
hasil percobaan dan
makna
fisisnya
3.10
Menerapkan konsep dan prinsip
gelombang
bunyi dan cahaya
dalam
teknologi
4.10
Melakukan percobaan tentang
gelombang
bunyi dan/atau
cahaya,
berikut presentasi
hasil
percobaan dan makna
fisisnya
misalnya sonometer,
dan kisi
difraksi
3.11
Menganalisis cara kerja alat optik
menggunakan
sifat pemantulan
dan
pembiasan cahaya oleh cermin
dan lensa
4.11
Membuat karya yang
menerapkan
prinsip
pemantulan
dan/atau
pembiasan
pada cermin dan
lensa
3.12
Menganalisis gejala pemanasan
global dan
dampaknya bagi
kehidupan
serta lingkungan
4.12
Mengajukan ide/gagasan
penyelesaian
masalah
pemanasan
global sehubungan
dengan
gejala dan dampaknya
bagi
kehidupan serta
lingkungan
-62-
KELAS: XII
Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap
spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi
tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran
agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu, “Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),
yaitu keteladanan,
pembiasaan,
dan budaya sekolahdengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran
serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses
pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai
berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis
dan mengevaluasi
pengetahuan
faktual, konseptual,
prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang
ilmu pengetahuan,
teknologi,
seni, budaya, dan
humaniora
dengan wawasan
kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan,
dan peradaban
terkait
penyebab fenomena dan
kejadian,
serta menerapkan
pengetahuan
prosedural pada
bidang
kajian yang spesifik sesuai
dengan
bakat dan minatnya untuk
memecahkan
masalah
4.
Mengolah, menalar, menyaji,
dan
mencipta dalam ranah
konkret dan
ranah abstrak
terkait
dengan pengembangan
dari yang
dipelajarinya di
sekolah
secara mandiri serta
bertindak
secara efektif dan
kreatif,
dan mampu
menggunakan
metoda sesuai
kaidah
keilmuan
KOMPETENSI
DASAR
KOMPETENSI
DASAR
3.1
Menganalisis prinsip kerja
peralatan
listrik searah (DC)
berikut
keselamatannya dalam
kehidupan
sehari-hari
4.1
Melakukan percobaan prinsip
kerja
rangkaian listrik searah
(DC) dengan
metode ilmiah
berikut
presentasi hasil
percobaan
-63-
3.2
Menganalisis muatan listrik, gaya
listrik,
kuat medan listrik, fluks,
potensial
listrik, energi potensial
listrik
serta penerapannya pada
berbagai
kasus
4.2
Melakukan percobaan berikut
presentasi
hasil percobaan
kelistrikan
(misalnya pengisian
dan
pengosongan kapasitor) dan
manfaatnya
dalam kehidupan
sehari
3.3
Menganalisis medan magnetik,
induksi
magnetik, dan gaya
magnetik
pada berbagai produk
teknologi
4.3
Melakukan percobaan tentang
induksi
magnetik dan gaya
magnetik
disekitar kawat
berarus
listrik berikut presentasi
hasilnya
3.4
Menganalisis fenomena induksi
elektromagnetik
dalam kehidupan
sehari-hari
4.4
Melakukan percobaan tentang
induksi
elektromagnetik berikut
presentasi
hasil percobaan dan
pemanfaatannya
dalam
kehidupan
sehari-hari
3.5
Menganalisis rangkaian arus
bolak-balik
(AC) serta
penerapannya
4.5
Mempresentasikan prinsip kerja
penerapan
rangkaian arus bolakbalik
(AC) dalam
kehidupan
sehari-hari
3.6
Menganalisis fenomena radiasi
elektromagnetik,
pemanfaatannya
dalam
teknologi,
dan dampaknya pada
kehidupan
4.6
Mempresentasikan manfaat dan
dampak
radiasi elektromagnetik
pada
kehidupan sehari-hari
3.7
Menjelaskan fenomena perubahan
panjang,
waktu, dan massa
dikaitkan
dengan kerangka acuan
dan kesetaraan
massa dengan
energi
dalam teori relativitas
khusus
4.7
Mempresentasikan konsep
relativitas
tentang panjang,
waktu,
massa, dan kesetaraan
massa
dengan energi
3.8
Menjelaskan secara kualitatif
gejala
kuantum yang mencakup
sifat
radiasi benda hitam, efek
fotolistrik,
efek Compton, dan
sinar X
dalam kehidupan seharihari
4.8
Menyajikan laporan tertulis dari
berbagai
sumber tentang
penerapan
efek fotolistrik, efek
Compton,
dan sinar X dalam
kehidupan
sehari-hari
3.9
Menjelaskan konsep
penyimpanan
dan transmisi data
dalam
bentuk analog dan digital
serta
penerapannya dalam
teknologi
informasi dan
komunikasi
yang nyata dalam
kehidupan
sehari-hari
4.9
Menyajikan karya hasil
penelusuran
informasi tentang
transmisi
dan penyimpanan data
dalam
bentuk analog dan digital
serta
penerapannya dalam
teknologi
informasi dan
komunikasi
(misalnya poster
banner)
3.10
Menganalisis karakteristik inti
atom,
radioaktivitas,
pemanfaatan,
dampak, dan
proteksinya
dalam kehidupan
sehari-hari
4.10
Menyajikan laporan tentang
sumber
radioaktif, radioaktivitas,
pemanfaatan,
dampak, dan
proteksinya
bagi kehidupan
-64-
3.11
Menganalisis keterbatasan
sumber
energi dan dampaknya
bagi
kehidupan
4.11
Menyajikan ide/gagasan
dampak
keterbatasan sumber
energi bagi
kehidupan dan upaya
penyelesaian
masalah dengan
energi alternatif
No comments:
Post a Comment