PERPANJANG USIAMU DENGAN MENULIS

PERPANJANG USIAMU DENGAN MENULIS

Monday, October 1, 2018

TIPS DAN TRIK LULUS CPNS 2018

Penerimaan CPNS 2018 berlangsung besar-besaran. Ada ratusan ribu formasi yang diperebutkan. Hal ini membuat banyak orang sibuk dengan segala persyaratannya. Mulai dari legalisir ijazah, akreditasi BAN-PT prodi dan kampus hingga masalah saat online yang sangat menguji kesabaran.. Banyak yang bertanya padaku "Gimana caranya kamu bila lulus CPNS? Bagaimana cara belajarmu dulu dan bagi dong tips dan trik nya" 
pelantikan cpns solok menjadi pns
  1. MEMILIH FORMASI 
Masalah tes CPNS ini tidak ada rumus pasti untuk bisa lulus. Banyak orang yang tanpa belajar bisa lulus tes CPNS. bisa jadi memang pintar dari sononya atau keberuntungan besar, misal dalam satu formasi cuma dia yang daftar, atau cuma dia yg lulus pasing grade padahal nilainya pas-pasan. Di pihak lain, ada yang sudah mati-matian belajar untuk tes CPNS bahkan sudah bimbel mahal-mahal pula namun belum dintakdirkan lulus. Hal ini bukan berarti mereka bodoh ya... Banyak faktor lain, misalnya formasi yg diambil peminatnya sangat banyak. Sehingga lebih banyak yang nilainya lebih tinggi. Atau yang bikin sakit itu, udah dapat nilai TKD paling tinggi waktu TKB rasanya lumayan y.. Tp eh d umumkan yg lulus orang lain yg notabene nya pegawai non PNS di instansi itu. Tentu mereka yang sudah loyal ke instansi dan sudah jelas kinerja nyatanya yang di luluskan. Intinya kalau mau lulus nilai TKD kita harus paling tinggi dan itu tergantung siapa lawan kita dan berapa banyak orang yang mendaftar di formasi yang sama dengan kita... Ya berpandai-pandailah dalam memilih formasi dan gunakan analisis kita. 

Masalah analisis ini.. Untuk wilayah sumbar, banyak teman-temanku yang takut di tempatkan di kep. Mentawai, sehingga banyak yang berfikir pasti formasi Mentawai sedikit yang ngambil ya, so.. Peluang lulus di Mentawai lebih besar. Namun kenyataannya sampai saat ini BKN mengumumkan, untuk daerah BKN Riau, kab. Mentawai masuk top 3 pendaftar terbanyak. Wow.. Kalau banyak  orang berfikir begitu, akhirnya saingan di mentawai banyak juga ya...
2. TELITI SAAT MENDAFTAR DAN ADMINISTRASI 
 Saat mendaftar, kita perlu ekstra sabar dan teliti. Harap maklum akan kelemotan jaringan, karena pendaftaran hanya satu jalur. Saat mendaftar perhatikan betul syarat-syarat instansi yang dilamar. Karena tiap instansi ada sedikit perbedaan syarat. Jangan sampai kita gagal administrasi karena hal yang sebenarnya sangat bisa dihindari. Diantaranya adalah 
a. Masukkan Ijazah Sesuai Kualifikasi Pebdidikan yang diminta
Jika di minta ijazah D3 ya masukkan D3, jika diminta S1 masukkan ijazah S1. Walaupun sebenarnya pendidikan kita sudah S2 atau S3 sekalipun. Jika pilih formasi S1 kita tetap akan dianggkat di gol 3A tak perduli ijazah yg sdh kita terima ada yang lebih tinggi. Itu menjadi resiko memilih kualifikasi pendidikan lebih rendah. Contohnya diminta kualifikasi pendidikan D3, padahal kita sudah nyambung lagi kuliah S1. Kita tetap harus masukkan ijazah D3 sesuai formasi.yang diminta. Contoh lain, seorang Magister Pendidikan memilih formasi guru, ya masukkan ijazah S1. Yang menjadi pendukung seorang guru itu adalah sertifikat pendidik, bukan ijazah S2. 
b. Perhatikan siapa yang boleh menandatangani berkas 
Hal ini terlihat sepele, namun bisa jadi ini yang menyebabkan gagal. Dengan ribuan pelamar yang datang ada kemungkinan panitia akan menggagalkan peserta yang tak sesuai dalam penandatanganan berkasnya 
c. Sertifikat akreditasi 
 Sertifikat akreditasi yang digunakan adalah saat tanggal kelulusan atau sebelum kelulusan. Jadi jangan melampirkan sertifikat terbaru. Pastikan juga ijazah sudah terdaftar di forlap dikti. Namun belakangan ini karena syarat di atas dianggap memberatkan kemenpan membolehkan memakai akreditasi terbaru.
d. Surat lamaran dan surat pernyataan Perhatikan aturan penulisan surat nya. Kalau suratblamaran biasanya harus tulisan tangan dan dibubuhi materai. Untuk surat pernyataan perhatikan apakah harus tulis tangan atau boleh mengisi form yang tersedia saja. Untuk pemberian materai apakah rangkap dua atau salah satunya boleh tanpa materai.  
e. Pengiriman berkas 
Pengiriman berkas jangan sampai melewati batas yang sudah ditetapkan. Berkas ini harus di kirim via pos ke alamat instansi atau PO BOX nya. Jangan coba-coba kirim selain pos ya. Misal pakai kasa pengiriman jne, tiki, jnt dll dsb dengan alasan lebih cepat dan aman pasti langsung d tolak karena tak ada cap pos nya. 
3. TRIK MENJAWAB SOAL CAT 
Sekarang kita bahas masalah tes CAT nya. Untuk tes pun tetap tidak rumus pasti, dari puluhan ribu soal di bank soal CPNS kita tak tau soal mana yang akan kita terima. Tes CPNS ini hampir mirip dengan tes SBMPTN tidak ada kisi-kisi soal dan kelulusan bergantung siapa saingan kita. Apakah rangking nilai kita masuk di kuota penerimaan. Namun tipe soal tetap bisa kita pelajari. Dengan biasa mengerjakan soal-soal CPNS kita tidak akan kaget lagi melihat soal yang keluar besok saant tes dan bisa lebih tenang menjawabnya. Ingat satu hal USAHA TIDAK AKAN MENGKHIANATI HASIL. 
 Untuk soal ada 100 soal yang harus kita dawab dalam wakti 90 menit, jadi satu soal gx sampai satu menit menjawabnya ya. Amazing kan. UN saja yang ada kisi-kisinya dan waktu 120 menit cuma harus menjawab 40 soal, itupun para siswa sudah kewalahan. Padahal rasionya 3 menit satu soal. Tapi bukan berarti soal CPNS itu tidak bisa di selesaikan. Waktu Itu sudah lebih dari cukup asal kita bijak menggunakan waktu. 
 Soal tes CPNS terdiri dari:  
35 soal Tes Wawasan kebangsaan (TWK) 
30 soal Tes Intelegensi Umum(TIU) 
35 Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 
Masing masing soal punya batasan minimal untuk lulus. 
TWK nilai minimal 75 (benar 15 soal) 
TIU nilai minimal 80 (benar 16 soal) 
TKP nilai minimal 143 (semua jawaban benar, rentang nilai 1-5) 
Dan nilai akhir harus 298 
Dari soal-soal atas tentu yang paling gampang adalah TKP karena tidak ada hafalan dan hitungan, hanya seputar pendapat dan keseharian kita. Jadi kalau tidak mau stres duluan liat soal-soal susah, jawab saja TKP duluan, mulai dari sial no 66-100. Langsung klik saja, jangan takut soal lain kelewat, karena soal yang sudah di jawab nanti berubah warna. Untuk menjawab TKP ini jawablah sesuai hati nurani, jawaban mana yang menurutmu paling benar. Jangan nampakkan keegoisan dan rasa malasmu di jawaban itu. Bukan berarti bohong sih, ya intinya jawab saja yg menurut hatimu paling benar. Karena TKP ini sangat penting. Jika ada dua orang yg sama nilai TKD nya, maka yang dinyatakan lulus adalah yang TKP nya paling tinggi. Saat menjawab soal jangan memakan waktu terlalu lama, ingat waktu kita kurang satu menit untuk satu soal, dan ingat ada soal TIU yang membutuhkan banyak waktu untuk pengerjaannya. Untuk TKP ini sebenarnya kita tetap bisa menjawab bahkan tanpa membaca soal sekalipun, caranya pilih saja yang paling bagus dari option yang diajukan. 
 Setelah menyelesaikan soal TKP dari 66-100. Kita lanjut ke soal no 1 yaitu TWK. Skor nilai TWK adalah benar 5 dan salah 0. Pastikan kita menjawab benar minimal 15 pertanyaan untuk lulus passing grade. Jawab saja yang yakin dahulu dan jangan menghabiskan waktu terlalu lama. Setelah yakin dengan TWK maka kita lanjut k TIU. Sekarang kita harus memastikan benar 16 soal untuk melampaui skor passing grade. Pilihnsaja soal yang gampang dahulu, misal tentang sinonim dan antonim yg tidak memakan waktu banyak, setelah itu hitungan sederhana dan gambar-gambar. Ingat semua soal nilainya sama. Kita tak perlu mencari lama2 soal yang rasanya tak  mampu dikerjakan. Setelah memastikan lebih dari 16 soal yang di yakini kebenarannya, telusuri kembali soal TWK dan TIU yang masih tertinggal. Jika sudah 5 menit terakhir, isi saja sembarang semua soal yang masih kosong. Dan jeng jeng... Tunggu nilai kita terpampang di layar.. Ambil alat tulis dan CATAT nilai itu. Bandingkan dengan daftar nilai yang nanti dikeluarkan panitia. Dan silakan menunggu pengumuman selanjutnya. Semoga terpanggil mengikuti tahapan selanjutnya TKB.
4. Belajar dari Pengalaman
Untuk yang pernah mengikuti tes CPNS sebelumnya, berkacalah apa kesalahan kita dulu, bagian mana yang rasanya masih kurang. Pertajam kemampuan dibidang itu. Untuk orang eksak, TWK itu rasanya sulit sekali, karena tak ditemui lagi sejak dunia kampus. Bagi orang soshum TIU mungkin juga terasa berat.
pembagian sk cpns kota solok
Saya lulus CPNS 2014. Penempatan SMAN 4 Kota Solok. Bagi saya yang merupakan sarjana pendidikan fisika. Materi TWK itu termasuk susah. Sadar akan kekurangan, saya fokus belajar TWK. Menghafal materi, dan rajin berlatih soal. Untuk soal TIU dan TKP hanya latihan sekedarnya. Saat persiapan pendaftaran CPNS 2014 lalu saya sedang sibuk persiapan UAS program pasca sarjana dan sibuk mengajar di bimbel GO (bimbel terbesar di dunia 😊 iklan lewat...) jadi memang tidak banyak waktu untuk belajar CPNS ini. Namun karena sudah terbiasa mengajar TPA di persiapan SBMPTN bisa cukup PD menjawab TIU walau belajar tak maksimal. Skor yang kudapat saat itu
TWK 115 (benar 23 dari 35 soal)
TIU 110 (Benar 22 dari 30 soal) 
TKP 155 Total nilai 380
Nilai ini membuatku mandapat peringkat kedua. Dan akhirnya berhasil lolos CPNS 2014. Menjadi anggota solokers14.. Itu nama angkatan kami.
Banyak yang ku pelajari dari CPNS solok ini, dari 65 formasi yang di ajukan, hanya 60 formasi yang terisi. 5 lagi, ada yang tidak ada peminat sama sekali serta ada yang tidak satupun pemilih formasi itu lulus passing grade. Sehingga formasi dibiarkan kosong. Dan yang lulus bukan karena kepintaran semata, tp memang sudah suratan takdir. Ada yg nilai TKD 370 tidak lulus karena hanya mendapat peringkat 2, dan ada yang hanya pas passing grade lulus CPNS karena cuma dia satu-satunya pendaftar. 
Namun dibalik semua itu, keberuntungan dan suratan takdir kita harus ingat, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Mereka yang lulus adalah yang benar-benar berniat dan berusah lulus menjadi PNS. Saat tes aku memang awalnya tak begitu berharap karena sedang lanjut S2. Kalau lulus alhamdulillah, kalau tidak ya gx apa2. Tamat kuliah bisa jadi dosen. Namun aku tetap belajar dan usaha karena dilubuk hati yang paling dalam, menjadi guru itu memang cita-cita sejak kecil. Menjadi guru dan lulus CPNS ini sudah kutuliskan dalam list mimpiku sejak masih duduk dibangku sekolah. Cita-cita itulah yang kuperjuangkan saat ini
Kulihat Teman-teman seperjuangan yang mendapatkan nilai yang sangat tinggi, top score di daerahnya. Mereka berhasil bukan karena keberuntungan semata, atau karena mereka sangat pintar. Mungkin masih banyak yang lebih pintar. Tapi mereka adalah orang-orang yang usahanya di atas rata-rata orang kebanyakan. Baik dalam belajar dan doanya. Salut mendengar perjuangan mereka untuk menghadapi tes ini. Sungguh diri ini masih sangat jauh. Selalu ingat Perjuangan Tidak Akan Mengkhianati Hasil. Belajar, berusaha dan berdoa selalu. Rezeki tidak pernah tertukar. Apapun yang terjadi nanti yakini itulah yang terbaik. 

4 comments:

  1. Terimakasih sudah berbagi pengalaman. Sangat penting ini tips triknya. Dan saya sangat sepakat bahwa apapun yang terjadi, itulah yang terbaik.

    ReplyDelete
  2. Selamat bagi yang lulus cpns, karena saya belum pernah mengalaminya. he he he. wah selera theme blognya kita sama ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon bimbngannya pak Anton, saya masih kurang paham masalah blog dan istilah-istilahnya..

      Delete
  3. Kalau bisa template pakai yang responsive

    ReplyDelete

KOMPETENSI INTI DAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA KURIKULUM 2013 REVISI

Tahun ajaran baru telah tiba, tiba pula saatnya bagi para guru mempersiapkan  memperbaharui kembali perangkat pembelajarannya. apa lagi ba...